Minggu, 31 Juli 2011

M-Commerce

Mobile Commerce atau lebih dikenal dengan m-commerce, m-business, dan pervasive computing. Ada beberapa definisi tentang M-Commerce :
  1. Segala bentuk transaksi dengan nilai moneter yang dilakukan melalui jaringan telekomunikasi bergerak / mobile (Durlacher, 2000).
  2. Bentuk E-Commerce yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel/wireless.
Seperti halnya aplikasi pada umumnya di e-commerce, m-commerce dapat dilakukan melalui internet (sebagian besar), jalur komunikasi pribadi, smart card, dll.

12 kelompok Jenis Aplikasi m-commerce menurut Varshney dan Vetter (2001) :
  1. Mobile Financial Applications (B2C,B2B). Contoh : Bank, Broker.
  2. Mobile Advertising (B2C). Contoh: Mengirim Iklan ke user mobile.
  3. Mobile Inventory Management (B2C, B2B). Contoh : Tracking lokasi barang, orang dll.
  4. Proactive Service Management (B2C, B2B). Contoh :Pengiriman informasi tentang pengiriman komponen ke pemasok.
  5. Product Locating & Shopping (B2C, B2B). Contoh: Pencarian/pemesanan barang untuk peralatan mobile.
  6. Wireless Reengineering (B2C, B2B) . Contoh : Perbaikan Pelayanan bisnis
  7. Mobile Auction / Reverse Auction (B2B). Contoh :Pelayanan komsumen untuk membeli ata menjual barang.
  8. Mobile Entertaiment Service (B2C). Contoh : Video-on-demand dan lainnya untuk user mobile.
  9. Mobile Office (B2C). Contoh: Bekerja berjalan.
  10. Mobile Distance Education (B2C). Contoh: Sekolah menggunakan streaming Video & Audio.
  11. Wireless Data Center (B2C, B2B). Contoh : Informasi dapat didownload oleh user mobile.
  12. Mobile Music / Music-on-demand (B2C). Contoh : Download dan menikmati musik memakai peralatan mobile.

Karakteristik m-commerce :
  • Mobilitas. M-Commerce didasarkan pada kenyataan bahwa user umumnya membawa telepon selular atau perangkat mobile lainnya kemanapun mereka pergi. Maka, user dapat melakukan kontak dengan perusahaan atau institusi lain kapanpun mereka inginkan.
  • Mudah Dijangkau / Reachability. Orang dapat dihubungi setiap saat.

Kedua karakteristik diatas menembus batas geografis dan batas waktu. menghasilkan atribut yang sangat berharga sbb:
  1. Ubiquity
  2. Kenyamanan
  3. Lokalisasi produk dan layanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar