Senin, 15 November 2010

Programming Vs Jaringan

Suatu malam, ketika saya sedang mengerjakan tugas sambil chatting dengan teman saya. Kami membahas apa yang telah kami dapat selama ini dikampus.
Lalu dia mengatakan, bahwa dikampus kita hanya bisa mendapatkan teori saja, banyak mahasiswa/mahasiswi yang pintar di kelas tapi tidak mempunyai skill, dan dia mengatakan di dunia nyata atau di dunia kerja nantinya bukan teori yang dibutuhkan tetapi skill. yah benar, saya juga terkadang berfikir begitu. Setiap hari kita ke kampus tetapi yang kita dapat lebih banyak teori dari pada praktek. Kemudian dia mengatakan untuk mempunyai skill kita harus bisa mencari sendiri, kita harus belajar sendiri diluar. karena kampus sama seperti sekolah hanya memerlukan ijazah dan nilai raport yang bagus. .
Setelah berbincang-bincang, tiba-tiba dia menyarankan agar saya mengikuti lomba pembuatan template web menggunakan CSS, yang diadakan oleh pihak kampus. Lalu saya bertanya "nah lw ikut lomba nya? lw kan jago bikin web", lalu dia menjawab "gw ga mau jadi programming". kemudian saya tanya "truz mw jadi apa?" katanya :"jaringan". dari situlah akhirnya kami membahas mengenai programming dan jaringan. saya mulai bertanya apa sebabnya dia tidak tertarik pada proggraming, yah jawabannya simple, dia hanya bilang karena programming di indonesai tidak berkembang, semua tergantung dari buku dan buku-buku di indonesia lebih banyak membahas mengenai dasar.
Setelah membaca pembicaraan dia di chatting, saya menyimpulkan bahwa programming menurut dia tidaklah mudah, kita harus selalu update dengan perkembangan-perkembangan software dan teknologi lainnya. kita tidak bisa santai dalam menjalani keseharian karena kepala kita di penuhi dengan koding koding dan koding. apalagi untuk ukuran seorang cewe, suatu saat nanti jika sudah menikah, sulit untuk membagi waktu dengan pekerjaan. Sedangkan seorang jaringan tidak terlalu sulit, tidak harus memikirkan koding dan perubahan software. karena sejak dulu untuk membangun sebuah jaringan hanya membutuhkan kabel LAN yang dari dulu sampai sekarang tetap sama tidak berubah seperti software yg selalu di perbaharui dan dia tidak salah.

Dari pembicaraannya saya bisa simpulkan bahwa programming bukan lah perkerjaan yang mudah dan saya harus berfikir bila ingin mengambil jalur itu :D... trima kasih teman atas pendapatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar