Rabu, 19 Oktober 2016

CISCO

Cisco atau Cisco System adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1984 oleh dua orang eks-staf Stanford University bernama Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Bisnis Utama Cisco meliputi berbagai perangkat internetworking, seperti router, brige, hub dan swich.
Cisco IOS (Internerwork Operating System) adalah nama system operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch buatan Cisco. IOS merupakan system operasi multitasking yang menyediakan fungsi- fungsi routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi. Cisco IOS menyediakan command line interface (CLI) dan sekumpulan perintah dasar. 

Cisco tidak hanya membuat perangkat jaringan computer. Namun juga menyediakan program pendidikan yang disebut Cisco Networking Academy. Tujuan utama dari program pendidikan tersebut yaitu untuk menghasilkan tenaga professional yang memahami jaringan computer secara teori maupun praktik. 

Pada awalnya hanya ada sebuah jenjang pendidikan dan sebuah sertifikat saja, yaitu CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert). Kemudian Cisco membuat track pendidikan yang lebih umum, seperti : - Associate : CCNA, CCNA Concentrations, CCDA - Profesional : CCNP, CCDP, CCSP, CCVP - Expert : CCIE Sumber : Cisco CCNA dan Jaringan Komputer by Iwan Sofana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar